Tugas menjadi seorang ibu rumah tangga terkadang melelahkan dan tidak jarang perasaan menjadi korbannya.

Di satu sisi, anda ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak di rumah; di sisi lain ada ruang kosong yang belum terisi karena anda merasa ikut bertanggung jawab atas keluarga yang di bangun. Kemudian anda sempat berpikir, “Bisakah aku menghasilkan uang di rumah sambal mengasuh anak?”.

Jujur, semua orang bisa menghasilkan uang kapan pun dan Diana pun tanpa peduli apa statusnya, apakah itu tua, muda, anak-anak, dewasa, single, bahkan yang sudah menikah dan punya anak sekalipun. Terkadang rasa yang bercampur aduk tersebut membuat bingung hati ibu-ibu rumah tangga full time yang ada di rumah akan posisinya. Tapi tidak satu jalan ke Roma dan anda bisa melakukan dua hal tersebut sekaligus –menjadi ibu rumah tangga dan bekerja.

Menghasilkan uang dari rumah itu bukan hanya cerita belaka, tapi nyata. Zaman sekarang, orang-orang semakin berorientasi kepada hasil; absen di kantor jam 8 pagi dan bekerja hingga pukul 5 sore tidak lagi menjadi tolak ukur yang solid akan kesuksesan. Orang-orang yang bekerja dari rumah dengan waktu yang fleksibel bahkan bisa menghasilkan lebih dari orang-orang yang bekerja “rodi” di kantor. Di tambah dengan lingkungan kantor yang sering tidak sehat persaingannya, di jelek-jelekkan teman, atau bahkan aksi menjilat tidak jarang terjadi.

Seberapa menguntungkan usaha untuk ibu rumah tangga saat ini?

Ibu rumah tangga atau bapak rumah tangga tentunya tidak di beri gaji atas pekerjaannya, kalaupun iya, maka gaji yang pantas adalah di sekitar Rp 10 juta per bulan. Jika di hitung, maka seorang ibu rumah tangga atau bapak rumah tangga selama sebulan akan mempunyai setidaknya 34 pekerjaan berbeda, di antaranya: cleaning service, guru, event organizer, perawat, ahli nutrisi, pekerja laundry, dan bahkan instruktur fitness bagi anak-anak mereka.

Memasang tarif pada pekerjaan mulia memang sulit dan tidak bisa di hargai dengan uang, tetapi dengan begini kita menjadi sadar bahwa tingkat professionalitas seorang ibu rumah tangga dan dedikasinya untuk anak-anak mereka tidak bisa di anggap remeh. Menjadi ibu rumah tangga merupakan kemewahan yang tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Bekerja sambil melakukan tugas mulia sebagai ibu adalah suatu hak istimewa yang harus dijaga baik-baik. Bekerja sambil mengasuh anak adalah hal yang mungkin bis di lakukan, tidak sulit menemukan ibu rumah tangga yang bekerja namun mempunyai penghasilan lebih dari suami.

Berikut usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa anda lakukan

Membuat blog

Bisnis online adalah aktifitas yang paling fleksibel dan menyenangkan untuk di lakukan. Ibu rumah tangga tetap bisa bekerja sebagai ibu yang baik bagi anak-anaknya selagi bekerja mencari uang tanpa harus pergi keluar rumah. Untuk memulai blog memang membutuhkan banyak kerja di awal, namun dengan blogging bisa membayar tagihan anda dari bulan ke bulan. Beberapa topik blog yang akan memberikan anda ide seperti liburan, memasak, kesehatan, teknologi, manajemen uang, atau apapun hobi anda bisa di jadikan topik yang bagus.

Ikuti survei

Jika anda mempunyai waktu online yang banyak setiap harinya, bisa mencoba ikut survey online dengan mudah. Gampang, hanya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di sediakan; anda sudah bisa menghasilkan hingga Rp 3 juta per bulan. Semua situs survey tersebut gratis untuk mendaftar, jika anda di minta untuk membayar, kemungkinan besar situs itu menipu. Dari survey, anda juga bisa mendapatkan gift card, voucher, produk gratis, pulsa gratis, dan lain-lain.

Melihat video

Ya, anda akan di bayar hanya untuk menonton video dan pastinya tidak membutuhkan keahlian apapun untuk melakukannya. Situs seperti ini akan meminta anda untuk melihat trailer film atau video untuk jangka waktu tertentu dan memberi like kepada video tersebut, instruksi yang jelas dan lengkap akan di berikan sebelum anda melakukannya. Anda bisa menghasilkan hingga lebih dari 2 juta rupiah setiap bulannya.

Menggunakan aplikasi

Semudah melakukannya, anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan memasangnya pada perangkat smartphone anda. Setiap detik yang anda gunakan pada aplikasi akan dihitung atau tergantung dari ketentuan yang di berikan website untuk ini.

Mencoba website

Jika anda sering menjelajahi website dan membaca, maka ini adalah pilihan yang terbaik untuk anda. Pekerjaan ini hanya membutuhkan anda untuk membuka sebuah website, jelajahi situs tersebut, dan di bayar. Pemilik website akan membayar anda untuk mencoba website mereka, anda bisa mendapatkan hingga Rp 300.000 untuk satu jam.

Caranya:

  • Anda akan di bayar $10 melalui PayPal untuk 20 menit video yang anda selesaikan
  • Website akan membayar anda untuk mencoba mengunjungi website lain atau aplikasi, lalu menyelesaikan tugas-tugas yang telah di susun untuk anda kerjakan, lalu ungkapkan pendapat anda.

Ketika mencoba website, layar anda akan di rekam termasuk suara anda. Klien seperti apple, Microsoft, adobe, dan lebih dari 500 perusahaan terkenal lainnya merupakan bagian dari pengguna jasa ini.

Di bayar untuk sehat

Aplikasi seperti AchieveMint akan membayar anda untuk menjaga kesehatan, mulai dari berjalan, berlari, mencatat makanan yang anda konsumsi, atau menjawab survey kesehatan. Setiap poin yang di dapatkan bisa di tukarkan dengan gift card dari Amazon, dan tidak ada limit point untuk setiap orang. Aplikasi ini terhubung dengan aplikasi kesehatan yang ada pada perangkat smartphone anda, seperti FitBit, RunKeeper, Healthkit, dan MyFitnessPal.

Freelance online

Menjadi freelance online tidak ada bedanya dengan bekerja seperti biasa, hanya saja anda bisa menentukan kapan, siapa, dan berapa yang akan anda hasilkan dalam sebulan. Terdapat banyak macam pekerjaan freelance online yang dicari, mulai dari penulis, fotografi, transcriber, fotografi, editing video, hingga penyanyi juga bisa anda tekuni tanpa meninggalkan anak-anak. Dengan reputasi yang bagus, anda akan menemukan klien lebih mudah dengan pekerjaan seperti ini.

Asisten virtual

Bagi anda yang mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus atau pernah bekerja sebagai seorang asisten, menjadi asisten virtual adalah pekerjaan yang menyenangkan. Mulai dari memeriksa email, merencanakan liburan, riset internet, atau bekerja untuk bisnis kecil bisa di lakukan. Asisten virtual bisa menghasilkan hingga Rp 700.000 per jam.

Tutor online

Ibu-ibu yang mempunyai latar belakang sebagai pengajar atau mempunyai gelar di suatu bidang, bisa membuka kursus online. Pekerjaan seperti ini banyak di cari karena meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan pengajar di luar sekolah tanpa harus repot. Terdapat banyak pelanggan potensial dari tutor online dengan bayaran yang cukup tinggi, hingga $100 per sesi.

Jadi, tunggu apalagi? Segera temukan pekerjaan impian anda sembari bermain dengan anak-anak anda di rumah dan menghasilkan uang.