JIka anda tidak memiliki bermilyar dolar untuk membeli pesawat jet pribadi, terdapat banyak pilihan untuk menyewa jet pribadi atau menyewa kursi pada penerbangan pribadi dengan orang lain.

Umumnya orang-orang pasti memiliki pengalaman dalam menggunakan layanan penerbangan komersil yang membuat kita bertanya-tanya, “berapa ya kira-kira biaya untuk menyewa jet pribadi? Agar bisa melewati antrian kemanan, berhimpit-himpitan dengan penumpang lain, dan tempat duduk sempit bersama kumpulan penumpang yang tidak anda kenal!”.  Selalu terdapat pilihan untuk menabung dan membeli pesawat jet pribadi. Tergantung dari umur, buatan, dan model, pesawat jet mempunyai harga berkisar beberapa ribu dolar untuk tipe lama dan puluhan juta dolar untuk tipe terbaru. Di tambah dengan biaya operasi dan maintenance yang mencapai beberapa juta dolar per tahun, maka pesawat jet pribadi adalah investasi yang menggiurkan.

Dengan mudahnya akses pada mendapatkan layanan sewa jet pribadi, maka bisnis ini lebih mudah di jangkau dari tahun-tahun sebelumnya.


Harga pesawat pribadi carteran

Membeli pesawat jet pribadi sendiri memang bukan pilihan untuk semua orang, tapi harga sewa pesawat jet pribadi sangat beragam karena semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan jasa ini. Berdasarkan informasi dari perusahaan penyewa jet pribadi, harga sewa jet pribadi turboprop atau jet yang lebih kecil berkisar antara $1,300 hingga $3,000 per jam terbang dengan kapasitas 4 hingga 6 penumpang. Untuk jet berukuran menengah sekitar $4,000-$8,000 per jam terbang dengan kapasitas hingga 9 penumpang. Lalu $9,000-$13,000 untuk pesawat jet lebih besar yang bisa menampung hingga 19 penumpang.

Untuk Indonesia, terdapat sewa helicopter pribadi dengan dengan tarif 53 hingga 159 juga per unit terbang. Ada juga sewa jet pribadi jet Phenom 300 sebesar 151,2 juta untuk tujuan Jogjakarta, Cilacap, dan Solo. Keuntungan menyewa pesawat jet pribadi di Indonesia adalah, bisa menggunakan cicilan kartu debit untuk membayar sewanya.

Tidak hanya motor dan mobil, juga terdapat aplikasi untuk penyewaan jet pribadi yang bernama UberJet. Berbeda dengan Uber pada umumnya, aplikasi ini akan membantu pencari sewa jet pribadi dan membooking pesawat dengan berbagai destinasi. Seperti perusahaan start-up lainnya, aplikasi ini hanya sebagai perantara antara penyewa jet pribadi dengan pemilik penerbangan.

Sebelum menyewa jet pribadi, perusahaan akan berkonsultasi dengan anda tentang detail penerbangan anda, kebutuhan penerbangan, ukuran penumpang, dan ukuran bagasi. Dengan begini, anda akan mendapatkan pilihan jet yang pas untuk kebutuhan anda. Anda juga bisa memilih antara bandara pribadi atau bandara komersial jika menggunakan jet pribadi, hal tersebut bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk ukuran bagasi sendiri, bisa di katakana hampir tidak ada batasan. Anda bisa memasukkan barang-barang bawaan yang dirasa perlu selama itu masih muat. Mulai dari senjata api, minuman alkohol, hingga hewan peliharaan bisa di bawa ke dalam pesawat.


Keuntungan menggunakan pesawat jet pribadi

Banyak keuntungan yang dapat kita ambil menggunakan pesawat jet pribadi, di antaranya:

  1. Menghemat waktu – Alasan utama memilih jet pribadi adalah waktu yang di hemat jika di bandingkan menggunakan pesawat komersil. Berdasarkan rencana terbang anda, jet pribadi bisa siap hanya dalam beberapa jam saja. Karena jalur pesawat pribadi adalah langsung, maka anda bisa sampai lebih awal dari yang di jadwalkan –tergantung kondisi cuaca.
  2. Nyaman – Terdapat lebih dari 280 bandara di seluruh Indonesia, dan ini berarti anda bisa sampai pada tujuan lebih tepat dan cepat. Untuk penerbangan komersil, terdapat larangan untuk membawa lotion, aerosol, dan gel melebihi satu liter secara total; tapi untuk penerbangan jet pribadi, anda bebas membawa shampoo, parfum, sabun, atau apapun jenis LAG sebanyak yang anda mau. Selama penerbangan, anda juga bisa berbicara dengan rekan bisnis, bekerja dengan pelanggan, atau melakukan apa saja yang anda mau.
  3. Fleksibilitas – Untuk penerbangan komersial, keterlambatan anda adalah risiko gagal naik pesawat. Dengan jet pribadi anda bisa telat atau merubah jadwal penerbangan kapan Pesawat juga akan menunggu anda jika terlambat dan hal tersebut tidak akan di dapatkan pada pesawat komersil.
  4. Kualitas layanan – Pesawat pribadi menawarkan pelayanan dengan furniture mewah, memiliki ruang yang luas untuk bergerak, perhatian lebih dari pramugari, di tambah makanan dan minuman kesukaan anda bisa di pesan sebelum berangkat.
  5. Waktu kumpul – Dalam penerbangan jet pribadi, anda bisa menghabiskan waktu dengan teman, keluarga, atau sahabat di dalam penerbangan tanpa batasan
  6. Privasi – Penyewa jet pribadi bisa melakukan rapat dan menggunakan waktu produktifnya di penerbangan tanpa merasa di dengar oleh orang lain. Jadwal penerbangan anda juga tidak sembarangan diketahui orang sehingga kerahasiaan negosiasi yang penting nan berlangsung pada penerbangan bisa terjaga.
  7. Mengurangi stress – Tanpa antrian, tanpa menunggu, kehilangan bagasi, transfer pesawat, penundaan penerbangan, atau masalah keamanan penerbangan komersil tidak akan anda temukan pada jet pribadi.
  8. Gengsi – Menyewa jet pribadi menggambarkan seorang individu atau organisasi yang efisien, sukses, dan bekerja dengan baik, menjunjung tinggi waktu dan mampu menyewa penerbangan pribadi.

Setelah melihat cara menyewa jet pribadi, pastinya terbesit di benak kita bagaimana dengan harga pesawat ini jika kita ingin membelinya. Melihat bisnis penyewaan jet pribadi memberikan penghasilan yang cukup fantastis, ada baiknya kita menjejakkan kaki terlebih dahulu dengan melihat 10 harga pesawat jet pribadi di dunia.


Air Force One – $660 juta

Air Force One di miliki dan di operasikan oleh pemerintah Amerika dan merupakan pesawat jet termahal yang ada. Dengan konstruksi dek tiga tingkat, dapat menampung hingga 100 penumpang dan 26 kru kabin. Pesawat ini dapat mencapai kecepatan hingga 650 mil per jam dan di lengkapi dengan teknologi paling terkini. Di dalam pesawat juga terdapat rumah sakit sendiri, teater, dan di desain untuk menahan guncangan meteor, gempa bumi, dan perang nuklir. Air Force One juga memiliki kemampuan untuk mengisi bahan bakar saat mengudara yang tidak bisa di lakukan pesawat biasa!


Gulfstream III – $125 juta

Tyler Perry –produser, aktor, dan direktur, adalah pemilik jet pribadi ini. Pesawat ini telah di modifikasi selama tahun berlangsung dan bisa membawa hingga 14 penumpang. Mempunyai layar LVD 42 inchi HD, pemutar blu-ray, TV satelit, dan teater yang beroperasi dengan baik. Pesawat ini juga pernah di gunakan untuk mengantarkan Withney Houston dari California ke New Jersey saat ia meninggal dunia tahun 2012 silam.


Bombardier global 7000 – $73 juta

Global 7000 bisa menjelajah dari New York ke Sydney, Australia hanya dalam sekali isi tanki minyak. Pesawat ini memang di desain untuk terbang dengan jarak jauh dengan satu kali pengisian bahan bakar. Pesawat ini memiliki ruang makan, hiburan multi-media, dan kamar tidur pribadi.


Gulfstream G650ER – $66.5 juta

Ini adalah pesawat flagship dari Gulfstream. Memiliki semua kebutuhan pesawat jet pribadi di dalamnya dan semua sistem kabin dapat di kontrol dengan aplikasi smartphone. Memiliki jarak terbang hingga 7.500 mil sekali terbang, dan interior yang luar biasa mewah dengan lapisan kulit, venir kayu, dan kerajinan batu yang cantik.


Embraer EMB 190 BJ – $41 juta

Pertama kali di perkenalkan kepada dunia pada tahun 2006, namun baru terbang pada tahun 2007. Pesawat ini hadir dengan harga yang cukup fantastis dan di lengkapi dengan furniture yang mewah. Pesawat juga mempunyai tempat tidur terpisah, kamar mandi, dan ruang gerak yang luas.